Ramadhankan Hari, Dengan Berani Berbagi

Ramadhan adalah bulan yang istimewa, sehingga tak aneh jika setiap orang menyambutnya dengan semarak.  Ada hikmah terselip dari ketentuan puasa pada bulan Ramadhan. Betapa tidak semua orang muslim mukallaf tanpa terkecuali makan dan minum pada waktu yang sama, yakni saat sahur dan berbuka tak peduli status dan kasta. Seperti menggugah kepekaan sosial akan apa yang teralami oleh saudara kita yang sering berkawan dengan kelaparan. Rasa peduli itu bisa terbangunkan dari tidurnya saat kita ada pada satu frekuensi yang sama.
Jika kamu mudah peka bahkan tanpa kode untuk sebuah perasaan yang belum pasti, kenapa tidak untuk membangun kepekaan dengan mereka yang kurang beruntung, tenang Allah sudah memberikan kode balasan yang pastinya bukan sekedar janji palsu.

Ramadhan adalah momentum saat pahala dilipatgandakan. Sungguh, sangat disayangkan jika pundi-pundi pahala kita stagnan berjalan ditempat sedang digit dosa terus berjalan.  Lapar dan dahaga yang terasa semoga memanggil nurani kita untuk tergerak menebar kebaikan. Berbagi menjadi pintu untuk mengetuk kebahagian. Ingat berbagi, ingat Sekolah Relawan. http://www.sekolahrelawan.com/ Apa itu Sekolah Relawan? Sekolah Relawan adalah lembaga sosial kemanusian yang berfokus pada empat hal yakni sosial kemanusiaan, edukasi kerelawanan, advokasi dan  pemberdayaan masyarakat. Kenapa harus dengan Sekolah Relawan? saat sendiri dirasa tak cukup punya kekuatan untuk melebarkan sayap dalam berbagi menebar kebaikan, entah itu keterbatasan waktu, fisik juga materi maka bersinergi dengan lembaga sosial seperti Sekolah Relawan bisa menjadi pilihan. Saat tak cukup waktu atau fisik, maka Sekolah Relawan bisa menjadi perpanjangan tanganmu untuk mengetuk bahagia. Pun saat kendala materi mengganjal, maka sumbangsih tenaga bisa kita gunakan.

Seperti semboyannya, terinspirasi dan terus bergerak Sekolah Relawan mencoba terus memberikan inspirasi dan bergerak untuk  menerbar kebaikan dengan program Ramadhan  Berani Berbagi http://www.sekolahrelawan.com/
 Ada Beberapa kegiatan dari program Ramadhan Berani Berbagi ini, seperti :

1.Kado Sambut Ramadhan

Menjelang datangnya ramadhan, masyarakat  berbondong-bondong memperisapkan diri. Namun seperti yang kita ketahui, biasanya harga kebutuhan pokok meroket naik. Bisa dibayangkan bagaimana kondisi kaum dhuafa yang mungkin tak berfikir banyak tentang pernak-pernik memperisapkan ramadhan, bisa menyantap menu untuk sahur saja mereka sudah lega. Sekolah Relawan dengan Programnya Kado Sambut Ramadhan, memberikan bingkisan kado untuk kaum dhuafa agar bisa ikut bahagia menyambut datangnya Ramadhan.

2. Foodbox

Program yang mengedukasi setiap orang untuk sedekah makanan dengan memberikan makanan siap santap dalam sebuah kotak untuk kaum dhuafa, fakir miskin atau mereka yang membutuhkan. Dengan adanya Foodbox diharapkan peranan fungsi sosial dari sebuah mesjid bisa semakin kuat. Sekolah Relawan ingin menyebarkan kebaikan sedekah makanan dengan foodbox ini agar tersebar diberbagai kota.

3. Free Food Car

Free Food Car ini sudah berjalan jauh sebelum Ramadhan tiba, kegiatan sedekah makan ini berlangsung dalam sebuah mobil dengan dilengkapi meja yang dugunakan untuk tempat penyajian dimana para relawan langsung yang memasak, menyajikan dan melayani untuk siapapun yang membutuhkannya. Seperti yang terdokementasikan dari fhoto dibawah ini, dimana masyarakat sekitar bisa merasakan makanan dari kehadiran Free Food Car ini.




4. Sumur Utsman

Pada beberepa lokasi tertentu, masih ditemukan daerah yang kesulitan air. Sekolah Relawan terinspirasi pada kisah Sahabat Rasul Utsman yang membeli sumur dan dimanffatkan oleh banyak orang yang membutuhkannya, sehingga dicetuskanlah ide untuk membantu masyarakat membuat sumur.

5. Kampung DugDug

Nama DugDug seperti mengisyaratkan semaraknya Ramadhan, dengan program ini Sekolah Relawan berusaha menghadirkan keseruan dan kebahagian Ramadhan di pelosok daerah. Dari picture yang terdokumentasikan oleh Sekolah relawan ini, bisa terasa sensasi buka bersama yang anti maenstream.

6. Belanja Bareng Yatim Dhuafa

Program Belanja Bareng Yatim Dhuafa ini diharapkan bisa memberi kebahagianuntuk anak yatim dalam menyambut lebaran dan memenuhi kebetuhan sekolahnya.

7. Naik Pangkat

Program ini untuk pemberdayaan masyarakat sehingga dengan modal yang diberikan dari Sekolah Relawan diharapkan bisa menjadi wasilah untuk membantu tingkat kesejahteraan keluarga dari penerima manfaat.

8. Kado Untuk Lebaran

Tidak seperti masyarakat pada umumnya ketika menjelang lebaran tiba, mereka mendapat THR dari kantor atau rekan bisnisnya, untuk itu Sekolah Relawan menghadirkan kado lebaran untuk kaum Dhuafa dan fakir miskin berupa paket kebutuhan sandang untuk menyambut datangnya lebaran.

Seru yah jika Ramadhan kita penuh dengan semarak kebaikan, sudahkan terinspirasi untuk berani berbagi ? Jadikan selalu hari yang kita miliki bak Ramadhan yang tak pernah usai dengan senantiasa menebar kebaikan. Mengutip pesan Aa Gym yang mahsyur dengan 3M-nya.  Memulainya dari hal terkecil. Saat ini, saat dimana nuansa Ramadhan masih menyelimuti yang juga  memberi kesejukan  pada diri, terakhir mengawali dari diri sendiri untuk mengambil bagian menebar kebaikan.







.







Komentar

Postingan Populer